Akuntansi biaya adalah: definisi, fungsi, klasifikasi

2 min read

Akuntansi-biaya-adalah-definisi-fungsi-klasifikasi

Akuntansi biaya adalah: definisi, fungsi, klasifikasi

Definisi akuntansi biaya

Akuntansi biaya adalah bagian dari akuntansi yang melibatkan pengumpulan dan pemantauan semua aktivitas biaya dan penyajian informasi ini dalam sebuah laporan.

Akuntansi-biaya-adalah-definisi-fungsi-klasifikasi

Selain itu, menurut Wikipedia, akuntansi biaya merupakan bidang pembukuan yang didedikasikan untuk proses pelacakan dan pencatatan, serta menganalisis biaya yang terkait dengan kegiatan organisasi untuk menghasilkan barang dan jasa. Biaya didefinisikan sebagai waktu dan sumber daya yang diperlukan untuk diukur dalam satuan mata uang. Penggunaan kata beban adalah ketika biaya telah habis. Jika Anda menjalankan semua aktivitas di perusahaan, maka Anda akan mendapatkan keuntungan atau keuntungan yang tidak lepas dari biaya-biaya yang dikeluarkan.

Hal utama yang harus diperhatikan dan direncanakan dengan baik adalah efisiensi semua biaya yang dikeluarkan perusahaan dari pengendalian anggaran yang direncanakan.

Fungsi akuntansi biaya

Akuntansi biaya. Secara umum akuntansi biaya memiliki dua fungsi utama. yaitu penentuan harga pokok dan biaya perencanaan dan pengendalian, berikut dua jenis fungsi akuntansi.

1. Penentuan harga pokok barang

Fungsi akuntansi biaya pertama adalah untuk menentukan biaya suatu produk atau jasa yang dibeli perusahaan. Jangan sampai harga yang ditawarkan konsumen atau pelanggan terlalu tinggi atau terlalu rendah. Penentuan harga pokok barang dilakukan dengan mencatat, mengelompokkan, memantau dan merangkum semua komponen biaya yang berkaitan dengan proses produksi dari data historis yang digunakan sebagai acuan manajemen dalam menentukan biaya produksi.
2. Perencanaan & pengendalian biaya

Dasar estimasi biaya adalah data historis, dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang diperkirakan mempengaruhi biaya. Saat merencanakan dan mengendalikan biaya, manajemen memantau apakah ada penyimpangan. Jika ada, manajemen akan menyelidiki penyebab perbedaan tersebut dan mempertimbangkan tindakan korektif yang diperlukan sebagai bentuk pengendalian.
Lihat juga: Seni Rupa 2 Dimensi – Teknik, 20 Contoh, Jenis, Prinsip Unsur
Klasifikasi biaya dalam akuntansi biaya

Klasifikasi biaya mengelompokkan biaya berdasarkan tujuan informasi biaya yang disampaikan. Untuk menyederhanakan pencatatan biaya dan pembuatan laporan keuangan dan untuk memberikan gambaran akurat kepada manajemen tentang informasi tersebut, komponen biaya dapat dibagi menjadi beberapa kelompok akun dengan klasifikasi sebagai berikut:
1. Berdasarkan fungsi utama kegiatan perusahaan

Biaya produksi (harga pokok penjualan) meliputi: biaya bahan baku (bahan), tenaga kerja langsung / tenaga kerja langsung (direct labor), dan biaya operasional (direct overhead).
Biaya pemasaran: biaya periklanan dan periklanan.
Biaya administrasi umum: biaya tenaga kerja karyawan, biaya kantor dan biaya terkait lainnya.

2. Berdasarkan aktivitas atau volume produksi

Biaya variabel, merupakan komponen biaya yang proporsional sesuai dengan volume produksi yang dihasilkan. Contoh biaya bahan baku dan biaya overhead langsung.
Biaya tetap (fixed cost), biaya yang tidak dipengaruhi oleh volume produksi. disesuaikan dengan kapasitas produksi, tetapi pembayaran dilakukan dengan tarif tetap per bulan.

3. Berdasarkan objek yang dibiayai

Biaya langsung, biaya yang dapat langsung diidentifikasikan dengan objeknya. Contoh: biaya bahan baku (bahan langsung).
Biaya tidak langsung, biaya yang tidak dapat langsung diidentifikasikan dengan objeknya. Contoh: overhead operasi (overhead langsung).

Berdasarkan penagihan periode penagihan

Biaya investasi (capital expenditures), biaya yang menawarkan masa manfaat dalam beberapa periode penagihan. Contoh depresiasi mesin pabrik Penyusutan biaya selama 5 tahun.
Biaya yang timbul Biaya yang timbul menawarkan masa manfaat hanya dalam satu periode penagihan. Contoh: biaya operasional.

Siklus akuntansi

Yang dimaksud siklus penagihan adalah urutan transaksi, kejadian, aktivitas dan proses dari awal hingga akhir dan kembali hingga awal transaksi.

Buku Theory of Accounting menyatakan bahwa proses akuntansi adalah proses pengolahan data sejak terjadinya suatu transaksi yang merupakan bukti transaksi yang sah, yang kemudian dimasukkan ke dalam proses pengolahan data keuangan dan keluaran berupa laporan keuangan menghasilkan informasi.

 

 

Baca Juga :

https://adiwahyuromadhani.blog.uns.ac.id/alight-motion-pro/
https://adiwahyuromadhani.blog.uns.ac.id/video-bokeh-museum/
http://rosdiana.stkipdamsel.ac.id/distribusi-frekuensi/
http://rosdiana.stkipdamsel.ac.id/alight-motion-pro/
http://pgpaud.fip.unp.ac.id/alight-motion-pro/
http://pgpaud.fip.unp.ac.id/reboisasi/
http://serisekarsari.bm.uma.ac.id/pengertian-pers/
http://blog.upnyk.ac.id/ellen-blog/425/artikel-review-alight-motion-pro
http://10109113.blog.unikom.ac.id/review-alight.87b