Atmosfer adalah: definisi, kelebihan, jenis, sifat, lapisan

2 min read

Atmosfer-adalah-definisi-kelebihan-jenis-sifat-lapisan

Atmosfer adalah: definisi, kelebihan, jenis, sifat, lapisan

Pahami suasananya

Yang dimaksud dengan atmosfer adalah gas penutup yang dapat menyelimuti dirinya sendiri di sekitar sebuah planet, khususnya planet Bumi. Atmosfer akan menutupi planet dengan lapisan yang sangat tebal, bahkan jika Anda menghitung jaraknya ribuan kilometer dari suatu planet ke luar angkasa. Setiap atmosfer planet berbeda. Planet bumi sendiri akan memiliki atmosfer yang ketebalannya sekitar 1000 kilometer dari permukaan bumi. Ada banyak jenis gas di atmosfer antara lain gas nitrogen (77%), oksigen (20%), argon (0,8%), karbondioksida (0,02%) dan uap air, kripton, neon, xinon, hidrogen, kalium dan ozon. (0,06%).

Atmosfer-adalah-definisi-kelebihan-jenis-sifat-lapisan

Keuntungan dari atmosfer

Berfungsi sebagai pelindung bumi dari berbagai jenis benda luar angkasa yang bisa jatuh ke bumi akibat gaya gravitasi bumi.
Sebagai pelindung bumi dari radiasi ultraviolet yang membahayakan kehidupan makhluk hidup di bumi dengan lapisan ozon.
Mengandung berbagai macam gas yang dibutuhkan manusia, hewan dan tumbuhan untuk dihirup dan untuk kebutuhan nutrisi lainnya seperti oksigen, nitrogen, karbondioksida, dll.
Sebagai pengatur cuaca yang dapat mempengaruhi angin, salju, hujan, awan, badai, topan, dll.

Fungsi atmosfer

Atmosfer dapat berfungsi mengatur proses penerimaan panas dari matahari. Caranya adalah dengan menyerap atau memantulkan panas yang dilepaskan matahari. Sekitar 32% panas matahari dipantulkan kembali ke angkasa oleh atmosfer, awan dan juga permukaan bumi, kemudian sekitar 18% diserap oleh atmosfer atau awan dan 46% sisanya hanya sampai ke permukaan bumi.
Lihat juga: √ Sistem pernapasan manusia
Sifat atmosfer

Atmosfer adalah lapisan udara yang dapat menyelimuti bumi. Udara tidak bisa dilihat atau disentuh. Namun, udara memiliki sifat fisik sebagai berikut:

Tidak bisa dilihat, tidak berwarna atau tidak berbau. Atmosfir hanya bisa dirasakan dalam bentuk angin / udara.
Ini akan memiliki curah sehingga bisa menciptakan tekanan.
Tak terlihat dengan beberapa bentuk radiasi.
Ini elastis atau dinamis (yang dapat mengembang dan berkontraksi) sehingga dapat bergerak atau bergerak

Komposisi atmosfer

Lapisan atmosfer dan propertinya
1. Troposfer
Mgid
Mgid

Troposfer adalah lapisan yang menyusun atmosfer terdekat dengan permukaan bumi. Sekitar 79% massa atmosfer ada di lapisan ini. Ketinggian lapisan troposfer di permukaan bumi tidak akan sama. Ketinggian troposfer di daerah kutub kurang lebih 7 km, di ekuator 15 km dan di wilayah tersebut. Ketinggian ketinggian sekitar 10 km. Pada lapisan troposfer, berlaku hukum gradien panas bumi, yaitu semakin tinggi suatu tempat maka semakin dingin suhunya. Dengan setiap kenaikan ketinggian 100 m, suhu turun sekitar. 0,6-1 derajat Celcius. Peristiwa di troposfer meliputi awan, hujan, petir, dan pesawat terbang.
2. Stratosphere

Stratosfer merupakan lapisan yang berada di atas lapisan troposfer. Batas antara troposfer dan stratosfer dikenal sebagai tropopause. Sekitar 19,7% massa atmosfer terkandung di lapisan ini. Lapisan stratosfer akan berada pada ketinggian 15-56 km. Pada lapisan ini yaitu stratosfer berlaku hukum isotermal yaitu suhu udara naik seiring dengan bertambahnya ketinggian suatu tempat. Kenaikan suhu tersebut disebabkan adanya lapisan ozon pada ketinggian kurang lebih 19 km. Lapisan ozon dapat menyerap radiasi ultraviolet dari sinar matahari.
Lihat juga: amfibi dan reptil
3. Mesosfer

Mesosfer adalah lapisan yang melapisi lapisan stratosfer. Batas antara lapisan troposfer atau mesosfer disebut stratopause. Sekitar 0,999% massa atmosfer berada di lapisan ini. Lapisan mesosfer terletak di ketinggian 50-80 km. Di mesosfer, hukum panas bumi dapat diterapkan kembali. Penurunan suhu yang terjadi sebesar 0,3 derajat Celcius per 100 m ketinggian. Suhu terendah di lapisan ini bisa mencapai -100 derajat Celcius. Massa udara dingin tersebut dapat membakar meteor dan benda langit lainnya yang hendak memasuki bumi. Di mesosfer ada lapisan bermuatan listrik pada ketinggian kira-kira. 68 km. Kondisi ini dapat memicu terjadinya fenomena awan pijar akibat uap air dan debu meteor.
4. Termosfer

Termosfer adalah lapisan yang berada di atas lapisan mesosfer. Batas antara lapisan mesosfer dan termosfer dikenal sebagai mesopause. Sekitar 0,001% d

 

 

LIHAT JUGA :

http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/bokeh/

https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/bokeh/

https://www.sudoway.id/bokeh/

http://serisekarsari.bm.uma.ac.id/2021/03/01/alight-motion-pro/

http://serisekarsari.bm.uma.ac.id/2021/03/01/aplikasi-efek-bokeh/

http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/alight-motion-pro-apk/

https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/alight-motion-pro/

http://rosdiana.stkipdamsel.ac.id/bokeh/

http://ayurf.blog.unjaniyogya.ac.id/bokeh/

http://pgpaud.fip.unp.ac.id/10-aplikasi-video-bokeh-android/