Banyuwangi Green Bay: atraksi, lokasi harga tiket

2 min read

Banyuwangi-Green-Bay-atraksi-lokasi-harga-tiket

Green Bay atau Teluk Hijau merupakan salah satu dari sekian banyak pesona wisata Banyuwangi yang tidak diragukan lagi keindahannya.

Tidak hanya Pantai Batu Banyuwangi yang memiliki air laut yang jernih dan biru tetapi juga pantai ini.

Banyuwangi-Green-Bay-atraksi-lokasi-harga-tiket

Banyuwangi Green Bay: atraksi, lokasi harga tiket

Berbeda dengan Taman Nasional Baluran yang sudah terkenal, nama Teluk Ijo (sebutan Banyuwangi) tidak sepopuler itu.

Selain itu, lokasinya yang cukup tersembunyi dan akses yang masih sulit membuat nama Teluk Ijo kurang begitu dikenal di telinga wisatawan.

Namun berkat pesonanya yang luar biasa, tidak menjadi masalah bagi wisatawan untuk berebut pantai ini.

Tak heran jika Green Bay masuk dalam daftar tempat wisata paling populer di Banyuwangi bersama Kawah Ijen dan Pantai Plengkung.

Sekilas tentang Teluk Hijau

Teluk Hijau adalah tempat wisata populer di Banyuwangi yang terkenal dengan airnya yang hijau.

Situs ini terletak di Desa Sarongan, sebelah selatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Jaraknya sekitar 90 km dari kota Banyuwangi.

Teluk ini biasanya menjadi tujuan wisata alternatif bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Sukamade dan Taman Nasional Meru Betiri.

Dengan kata lain, teluk ini merupakan persinggahan sebelum wisatawan menuju ke dua tempat wisata tersebut di atas.
Atraksi Teluk Hijau

Teluk Hijau Banyuwangi

Tampaknya daya tarik di teluk yang indah ini layak dibandingkan dengan tempat wisata di pantai-pantai terkenal lainnya di Banyuwangi. Pasalnya, atraksi di sini akan dengan mudah memukau semua orang.

Nah, atraksi apa saja yang bisa kamu nikmati di sini? Dan kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan di tempat wisata di Banyuwangi ini? Silahkan simak ulasan singkatnya di bawah ini.
Pemandangan teluk yang eksotis

Teluk Ijo seperti sepotong surga yang jatuh ke bumi. Kalimat ini mungkin ungkapan yang tepat untuk menggambarkan keindahan teluk ini.

Selama kaki Anda berjalan, Anda akan merasakan tekstur pasir putih yang lembut dan hangat. Terkadang pasir terasa basah karena deburan ombak.

Saat Anda memandang ke laut, perairan teluk yang berwarna hijau kebiruan sangat memanjakan mata Anda. Di kedua sisi teluk Anda dapat melihat bebatuan hijau yang disebabkan oleh rimbunnya pepohonan.

Ada juga pulau kecil di kejauhan, agak hijau karena vegetasinya. Pulau mungil dan “kesepian” ini tentu mengingatkan kita pada Pulau Menjangan dan Pulau Tabuhan di Banyuwangi.
bermain dan berenang di air

Anda tidak ingin menyesal tidak berenang atau setidaknya bermain air di tepi Teluk Ijo bukan? Ombak pantai yang kecil dan air yang jernih pasti akan menjadi “magnet” bagi Anda dan wisatawan lainnya untuk berbasah-basah di pantai.
air terjun

Tidak jauh dari teluk terdapat sebuah bukit kecil, di salah satu sisinya terdapat air terjun setinggi 8 meter. Saat musim hujan, volume air terjun ini meningkat dan otomatis air terjun ini terlihat lebih besar.

Air terjun ini sering digunakan wisatawan untuk membilas tubuh setelah berenang atau bermain air di teluk.

Jadi, meski jauh dari pemukiman dan fasilitas, Anda tidak perlu khawatir harus membilas tubuh setelah berenang di Teluk Ijo.
berkemah

Nah, bagi yang suka camping, kawasan pantai di Teluk Ijo juga cocok untuk dijadikan tempat camping.

Namun perlu diperhatikan bahwa air laut di teluk ini sering mengalami pasang surut. Dan pada saat air laut pasang air laut naik dan memenuhi seluruh area pantai.

Oleh karena itu, yang terbaik adalah mendirikan tenda di dekat semak atau semak-semak agar tenda Anda aman dari air pasang. Anda juga harus meminta izin kepada pengelola jika ingin berkemah di sini.

Bunga Rafflesia

Daya tarik lain yang bisa Anda nikmati di kawasan wisata Teluk Hijau adalah keberadaan spesies bunga langka yaitu Raflesia.

Meski tidak bisa mekar setiap saat, banyak wisatawan yang ingin melihat bunga berukuran besar ini secara langsung.
Fasilitas di Teluk Hijau

Gambar Teluk Hijau Banyuwangi

Ada sejumlah fasilitas yang bisa dinikmati wisatawan di teluk cantik ini. Salah satunya adalah fasilitas perahu atau boat sebagai moda transportasi utama antar jemput wisatawan.

Selain fasilitas di atas, ada juga fasilitas untuk camping, meski hanya area biasa, bukan area khusus untuk camping. Anda bisa mendirikan tenda di sini setelah mendapat izin dari pengelola.

Rasakan sensasi bermalam di tempat indah ini lalu sambut mentari pagi dengan secangkir kopi panas. Lebih enak lagi jika Anda menjadikan oleh-oleh khas Banyuwangi sebagai “teman” kopi favorit Anda.

Ada juga tempat parkir untuk

LIHAT JUGA :

salsawisata.com

Rental Mobil Jogja