Tempat Candi Kethek Karanganyar

2 min read

Tempat Candi Kethek Karanganyar

Daftar Baca Cepat >>>

Pura Kethek Karanganyar

Tempat Candi Kethek Karanganyar

Pura Kethek merupakan salah satu kesaksian peninggalan kerajaan berupa bangunan religi sebagai tempat pemujaan peninggalan zaman dahulu. Situs ini adalah candi Hindu berbentuk limas yang terletak di lereng barat laut Gunung Lawu.

Mengapa disebut candi Hindu berdasarkan ditemukannya patung kura-kura di anak tangga yang lebih rendah? Yang di teras pertama adalah penjelmaan Dewa Wisnu, salah satu tokoh dalam ajaran agama Hindu.

Kethek dalam bahasa Jawa berarti kera karena menurut penduduk setempat, dulu banyak kera di tempat wisata solo Karanganyar. Dengan segala keunikan yang ada, Pura Kethek Karanganyar wajib untuk Anda coba kunjungi dan jelajahi lebih dalam.

Biaya masuk ke Pura Kethek
Biaya masuk ke Pura Kethek
Foto: https://www.instagram.com/dianekapuspita/

Sejarah Candi Kethek bisa Anda telusuri kembali dengan berkunjung ke sini sebagai salah satu alternatif mengisi waktu luang selama liburan. Keberadaan candi Karanganyar ini sebenarnya sudah dilaporkan sejak tahun 1842, namun penggaliannya baru dilakukan akhir-akhir ini.

Baru pada tahun 2005 prosesi penggalian dilakukan oleh pemerintah Karanganyar bekerjasama dengan beberapa pihak. Yakni oleh Badan Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah dan Jurusan Arkeologi Universitas Gadjah Mada.

Hingga akhirnya, keberadaan Pura Kethek menjadi salah satu situs budaya yang terus dijaga dan dirawat dengan baik. Para wisatawan yang ingin mengunjungi salah satu wisata populer Karanganyar ini tidak perlu merogoh kocek yang dalam.

Biaya masuk ke Pura Kethek sejauh ini hanya sekitar 10.000 rupiah per orang, sangat murah bukan? Dengan harga yang murah ini, pengunjung bisa berkeliling dan melihat keindahan Pura Kethek dari dekat.

Anda bisa datang ke Pura Kethek di Karanganyar kapan saja Anda mau. Jam operasional Wisata Candi Kethek adalah pukul 0800 – 1800 WIB dan dibuka untuk umum setiap hari.
Lokasi dan alamat rute
Lokasi Pura Kethek dan rute alamatnya
Foto: https://maps.google.com/maps/contrib/114971967879782810978

Situs Candi Kethek berada di lereng barat Gunung Lawu pada ketinggian 1.486 meter di atas permukaan laut. Maka tak heran jika suasana disini begitu sejuk dan semua orang bisa betah.

Selain itu, wisatawan yang berkunjung dapat melihat pemandangan yang mempesona dari sini karena ketinggiannya. Pemandangan perbukitan yang hijau, pemandangan kota Karanganyar dan lahan pertanian tampak begitu memikat banyak pasang mata.

Oleh karena itu, selain wisata budaya di pura, pengunjung juga disuguhi banyak panorama alam yang mempesona dari atas. Alamat Candi Kethek sendiri berada di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.

Lokasi persis situs bersejarah ini sangat dekat jika Anda mencapainya dari Candi Cetho yang juga merupakan salah satu wisata Karanganyar yang populer. Jaraknya hanya 13 meter dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki dalam waktu 1 menit.

Jangan khawatir jika Anda tidak tahu jalan menuju salah satu candi Hindu di Karanganyar. Dengan menggunakan peta akurat di bawah ini, Anda dapat mengaksesnya untuk memudahkan kecepatan kendaraan menuju Pura Kethek.

Kunjungi juga –> Sondokoro
perabot
Kompleks Candi Kethek
Foto: https://maps.google.com/maps/contrib/107940977852012496420

Bangunan candi, dibangun pada abad 15-16 Dibangun pada abad 19, didukung oleh infrastruktur pendukung yang memadai. Adapun beberapa fasilitas yang tersedia di Pura Kethek antara lain:

Fasilitas parkir yang memadai
Pusat Informasi Turis
toilet/kamar mandi
Fasilitas air bersih
paviliun
Jalur Pendakian Gunung Lawu
stan wisata
Spot foto menarik

Nikmati sensasi berjalan dan menjelajahi setiap sudut candi untuk melihat bangunan eksotis dengan patung dan ukirannya yang unik. Menghabiskan akhir pekan dengan berlibur di Pura Kethek dijamin akan membuat kesan tersendiri.

Tempat terbaik di Kuil Kethek
tempat terbaik di kuil kethek
Foto: https://www.instagram.com/pungki_a_a/

Jika dilihat lebih dekat, candi Kethek ini memiliki struktur tata ruang yang mirip dengan candi Ceto dan Candi Sukuh. Yaitu pund berundak dan berada dalam satu kawasan.

Candi-candi ini diyakini sebagai ciri khas bangunan bersejarah budaya Megalitikum di Nusantara. Reruntuhan Candi Kethek memiliki empat teras yang menghadap ke barat.

Setiap teras dihubungkan oleh anak tangga batu, pada teras pertama candi terdapat struktur bangunan di sisi timur laut. Sedangkan untuk teras kedua dan ketiga, masing-masing memiliki dua struktur bangunan di sisi selatan dan utara.

Dan di teras keempat, atau paling atas, diperkirakan terletak bangunan utama candi. Yang sekarang berdiri adalah stana kecil dengan mahkota emas di atasnya, dibungkus kain poleng Bali.

Seperti di kebanyakan candi, Anda dapat menemukan patung dan relief yang menjadi ciri khasnya. Bentuknya bermacam-macam, yang tentunya unik karena merupakan peninggalan kerajaan jaman dulu.

Abadikan setiap momen saat anda berwisata dengan gembira di spot terbaik Pura Kethek untuk dijadikan sebagai background foto.

Peringkat Sebelumnya -> Lembah Sumilir
Tips berkunjung
Tips mengunjungi Pura Kethek
Foto: https://www.instagram.com/fienikonjogja/

Hari yang cerah dan tidak hujan adalah waktu terbaik untuk datang ke Pura Kethek.
Jagalah selalu ucapan, perilaku, dan tindakan Anda selama berada di sini.
Kenakan pakaian hangat karena candi ini terletak di pegunungan.
Bersama-sama kita berkontribusi untuk menjaga kelestarian warisan budaya.

Demikian rangkuman singkat mengenai salah satu peninggalan kerajaan Mataram Kuno yaitu Candi Kethek. Anda tidak boleh melewatkan candi Hindu ini sebagai tujuan untuk menjelajahi budaya khas Indonesia.

Sumber :