Cara Share Screen Di Telegram, Cocok Banget Buat Pemula

2 min read

Share Screen Di Telegram

 

Cara Share Screen Di Telegram – Telegram melaunching sebuah feature baru namanya Sharing Screen. Feature ini launching bertepatan dengan feature video call grup. Yang dahulunya hanya dapat lakukan video call optimal dua orang, saat ini kita dapat melakukan lebih dari 2.

Seperti beberapa aplikasi lain, sebutlah saja Zoom, WhatsApp, dan Line, sekarang Telegram juga ikut-ikutan memasangkan feature ini ke program chattingnya. Hingga, dengan munculnya feature itu, pemakai dapat bertatap muka lewat cara online bersama rekan-rekan, dan share screen atau share desktop.

Apa Itu Feature Sharing Screen?

Diambil dari sumber marijang.id Untuk Anda yang belum mengetahui masalah feature sharing screen dan manfaatnya, dapat membaca info ini. Sharing screen ialah feature yang hendak menolong kita share monitor atau desktop ke pemakai yang lain turut pada video call grup.

Feature ini ada untuk PC atau HP. Bila Anda menggunakan HP, kita dapat membagi apa yang telah ada di penampilan monitor kita ke pemakai atau simpatisan lainnya. Manfaat sharing screen yang paling penting untuk presentasi. Dia ada di program lain, misalkan WhatsApp, Zoom, Discord, Google Meet dan program video call grup yang lain.

Kehadirannya benar-benar mempermudah kita yang ingin rapat atau sekolah tetapi terbatasi oleh wabah.

Langkah Memakai Sharing Screen di Telegram

Setiap program, mempunyai langkah seting sharing screen masing-masing. Untuk Telegram, Anda dapat ikuti beberapa langkah berikut ini:

– Membuka program Telegram Anda. Yakinkan Anda menggunakan program Telegram versus terbaru. Dan pakai piranti minimalnya iOS (belum ada untuk Android semenjak artikel ditulis)
– Sebelumnya, Anda harus membuat group berisi anggota-anggota yang hendak ikuti video call grup Anda
– Kemudian membuka grup itu. Lantas ketok icon grup
– Click icon kotak percakapan yang berada di menu teratas, berada di samping icon pensil, lalu kerjakan panggilan video
– Click titik tiga pada bilah percakapan suara. Ada beberapa pilihan dapat kita tentukan,langsung click ‘Share Screen’
– Beri ijin pada program terhubung penampilan monitor Anda
– Kemudian, beberapa peserta yang turut serta dalam video call dapat menyaksikan monitor yang Anda bagi ke mereka

Agar dapat terhubung feature ini, Anda harus jadi owner atau pemilik group video call. Jika di Zoom, yang dapat memakai feature sharing screen cuma faksi host saja, supaya featurenya tidak disalah pakai oleh beberapa anggota.

Selainnya sharing screen, ada banyak feature menarik, baca semua di sini:

– Simpatisan 30 Orang: Video call grup Telegram bisa dituruti sampai 30 orang simpatisan di dalam 1 monitor (grid).
– Dapat dilihat oleh 1.000 Pemirsa: Posisi pemirsa dengan simpatisan itu berlainan. Simpatisan turut turut serta dalam video call, sementara pemirsa cuma dapat menyaksikan dan dengarkan saja. Ketika berada video call, pemakai yang berada di dalam grup akan mendapati pemberitahuan jika ada video call yang penting dilihat. Ini membuat Telegram tidak cuma dapat digunakan untuk rapat, atau belajar online. Tetapi juga untuk streaming langsung.
– Noise Suppression: Fungsinya untuk menahan keributan dan menjaga audio masih tetap jernih saat video call berjalan.
– Mengatur Grid atau Lay-out: Feature ini cuma ada untuk PC atau Tablet. Bila di HP, feature ini tidak dapat digunakan karena ukuran monitor HP condong kecil. Sulit ditata grid-gridnya. Dengan feature ini, kita tidak perlu tukar halaman untuk menyaksikan simpatisan yang turut dalam video.

Selain Cara Share Screen Di Telegram, apakah sudah Anda ketahui jika semua feature ini: feature sharing screen dan semuanya yang tertera di atas, tidak ada untuk Android.

Dia cuma dapat digunakan untuk iOS, tablet dan PC/Netbook/Computer. Minimal tersebut yang sekarang ini berlaku. Tidak paham tahun depan akan ada penyempurnaan supaya bisa digunakan di Android atau mungkin tidak.