Deretan startup berbasis IT yang diberhentikan karena COVID

2 min read

Deretan-startup-berbasis-IT-yang-diberhentikan-karena-COVID

Wabah COVID-19 yang melanda dunia selama enam bulan ini berdampak pada perekonomian. Dampaknya menjadi lebih jelas sebagai bisnis besar dan kecil.

Berbagai perusahaan berturut-turut mengumumkan pemutusan hubungan kerja (PHK) bagi ratusan hingga ribuan karyawan. Bahkan data Departemen Tenaga Kerja pada Selasa 2 Juni 2020 menunjukkan sekitar 3 juta pekerja terkena pemutusan hubungan kerja akibat wabah COVID-19.

Deretan-startup-berbasis-IT-yang-diberhentikan-karena-COVID

Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan oleh perusahaan besar

dengan ribuan karyawan ini tidak hanya berdampak pada usaha kecil. Di Indonesia, diketahui beberapa startup terpaksa melakukan langkah serupa karena tak mampu lagi menanggung biaya operasional jika menerimanya.

Berikut daftar perusahaan rintisan yang diketahui telah melakukan pemutusan hubungan kerja di Indonesia:
Gojek

Startup teknologi Gojek yang didirikan anak negeri harus merumahkan hingga 430 karyawannya

akibat terhentinya beberapa layanan GoLife, yakni Go Massage, Go Clean, dan GooFood Festival.

Langkah penutupan layanan GoLife ini karena adanya peraturan pemerintah yang menerapkan physical distancing dan tidak boleh membentuk kerumunan. Layanan Go Massage dan Go Clean membutuhkan kontak yang dekat dengan pelanggan, sehingga menyulitkan dalam pengoperasiannya. Kemudian layanan GoFoodFestival berpotensi menimbulkan keramaian yang tidak sesuai dengan imbauan pemerintah.
Untuk meraih

Selain Gojek, startup ride-hailing berbasis aplikasi digital dari Malaysia

, Grab juga telah mengambil langkah untuk mengakhiri hubungan karyawan. Pesaing Gojek ini disebut-sebut telah merumahkan 360 karyawannya di Asia Tenggara, yakni 5% dari total tenaga kerja di Grab. Langkah pelepasan ini juga karena wabah COVID-19.

Karyawan Grab yang diberhentikan secara resmi diumumkan melalui email. Jika Anda tidak menerima email, berarti posisi karyawan tersebut aman. Karyawan yang dibebaskan menerima uang pesangon sesuai dengan ketentuan yang berlaku
OYO

OYO Hotels sangat terpukul oleh COVID19 karena bisnis pariwisata di seluruh dunia terpukul keras oleh pandemi COVID19.

Jaringan hotel OYO terpukul keras oleh wabah COVID19. Hal ini dibuktikan dengan pemutusan hubungan kerja terhadap 5.000 karyawan di sejumlah negara.

Untuk karyawan OYO di Indonesia, OYO Hotels memberhentikan sekitar 400 karyawan atau 50% dari total karyawan OYO Hotels di Indonesia.

OYO Hotels adalah penyedia hotel low budget yang menggunakan aplikasi digital untuk reservasi kamar.
Traveloka

Akibat travel ban yang berlaku sejak Maret 2020, Traveloka, perusahaan rintisan yang menawarkan layanan tiket online berbasis aplikasi digital, turut terdampak COVID19. Akibatnya, Traveloka harus memberhentikan 100 karyawannya.

Industri pariwisata telah hancur sejak awal oleh gempuran wabah virus COVID-19. Deretan hotel, restoran, dan transportasi langsung hancur akibat larangan bepergian di berbagai negara di dunia.
Airbnb

Airbnb, startup persewaan akomodasi berbasis aplikasi digital, juga dikabarkan telah memberhentikan karyawannya dalam upaya menyelamatkan keadaan perusahaan. Tidak kurang dari 1.900 karyawan Airbnb diberhentikan, yaitu 25% dari total jumlah karyawan Airbnb.

Pendapatan Airbnb turun drastis akibat lesunya dunia pariwisata akibat wabah COVID19. Karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja diterima dalam program alumni untuk mencari pekerjaan di tempat lain.

Itulah 5 deretan startup berbasis IT yang terpaksa merumahkan beberapa karyawannya akibat wabah COVID19. Lima startup di atas merupakan startup ternama yang produk aplikasinya sudah dikenal luas di berbagai belahan dunia.

LIHAT JUGA :

https://www.chip.co.id/x8-speeder/
https://teknosentrik.com/yandex-blue-china/
https://teknosentrik.com/45-76-3345-76-33-x-44/
https://teknosentrik.com/111-90-150-204-video/
https://www.chip.co.id/sedekah-cf/
https://www.i4startup.id/vsco-mod-apk/
https://www.chip.co.id/higgs-domino/
https://www.chip.co.id/vsco-mod-apk/
https://www.i4startup.id/gta-sa-lite/
https://www.sudoway.id/cara-menggunakan-lulubox/
https://www.atursaja.com/2129/cara-menghilangkan-suara-vokal-pada-lagu-di-youtube/
https://www.atursaja.com/1338/cara-top-up-ovo-di-indomaret/
https://www.atursaja.com/2285/cara-mengetahui-password-wifi-yang-sudah-terhubung/
https://www.atursaja.com/1964/cara-daftar-internet-banking-mandiri-online/
https://dolanyok.com/x8-sandbox-apk/
https://liga-indonesia.id/x8ds-com-china-apk/
https://snapcard.id/
https://www.masukptn.id/
https://teknosentrik.com/185-62-l53-200/
https://teknosentrik.com/18-di-google/