Pengertian Denudasi, Faktor, Proses dan Dampaknya

3 min read

pengertian-denudasi

Denudasi adalah istilah yang sering terjadi dalam geologi. Seperti halnya lapisan bumi, Anda terkadang mengalami segala macam aktivitas. Salah satu aktivitas di bumi ini dikenal dengan eksposur. Untuk informasi lebih lanjut, lihat artikel berikut ini:

pengertian-denudasi

Definisi penggundulan

Denudasi adalah rangkaian proses panjang yang menyebabkan erosi permukaan bumi, yang pada gilirannya menyebabkan kurangnya elevasi dan relief pada lanskap maupun lanskap bumi. Denudasi merupakan proses alamiah yang dapat berlangsung dalam kurun waktu yang lama dan dapat pula disebabkan oleh berbagai faktor seperti faktor kimiawi, biologis atau mekanis. Dalam setiap aktivitas selalu ada proses, sama seperti penggundulan, itu juga melibatkan berbagai jenis proses.

Faktor Yang Menyebabkan Eksposur

Denudasi dapat terjadi karena berbagai faktor. Untuk lebih memahami faktor-faktor penyebab penggundulan, dijelaskan di bawah ini. Faktor-faktor yang menyebabkan pajanan meliputi:
Topografi permukaan

Merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi atau menyebabkan pajanan. Topografi permukaan adalah ketinggian permukaan atau kerak bumi. Topografi yang curam lebih mudah terpapar daripada topografi rendah. Topografi permukaan bumi yang curam lebih rentan terpapar karena pengaruh bentuknya. Topografi permukaan bumi yang curam setelah eksposur mengurangi kecuramannya dan ketinggiannya juga menurun.
geologi

Faktor ini juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi atau menyebabkan pajanan. Faktor geologi yang dimaksud adalah gaya yang berasal dari bumi, seperti

  • Tenaga endogen
    Energi endogen ini merupakan gaya yang berasal dari dalam bumi. Beberapa contoh energi endogen yang menyebabkan paparan ini adalah pergeseran lempeng tektonik, gempa bumi, patahan, dan letusan gunung berapi.
  • Kekuatan eksogen
    sedangkan energi eksogen adalah energi yang berasal dari luar bumi. Contoh gaya eksogen yang menyebabkan paparan ini adalah erosi, pelapukan, dan juga limbah massal.

Gaya endogen dan eksogen ini dapat berdampak pada bentuk permukaan bumi, baik untuk mengubah bentuk permukaan bumi maupun membuat formasi baru di permukaan bumi.

iklim

Ini adalah kondisi cuaca rata-rata yang mencakup area yang luas dan juga dalam jangka waktu yang lama. Iklim ini juga menjadi salah satu penyebab terpapar dari segi faktor fisik. Iklim ekstrim pasti akan menyebabkan paparan lebih cepat daripada iklim yang stabil. Misalnya, seperti batu yang hancur lebih cepat di daerah dengan iklim ekstrim daripada di daerah yang stabil.

Aktivitas tektonik

Selain di atas, aktivitas tektonik ini juga menjadi faktor yang mempengaruhi proses penggundulan. Aktivitas tektonik ini merupakan pergerakan yang terjadi di lempeng tektonik. Pergerakan yang terjadi pada lempeng tektonik memiliki berbagai macam akibat, antara lain: B. munculnya bentuk-bentuk permukaan bumi yang tidak rata. Formasi ini dibuat oleh gerakan atau perpindahan lempeng.

lingkungan

Biosfer yang dimaksud di sini adalah aktivitas flora dan fauna. Misalnya kegiatan flora dan fauna adalah keadaan tanah yang tidak ditumbuhi tanaman sehingga lebih mudah mengikis tanah lebih cepat kemudian menyebabkannya terekspos, dan sebagainya. Sedangkan aktivitas hewan atau hewan lebih cenderung diarahkan pada aktivitas hewan yang berlebihan, yang mengakibatkan pemaparan terjadi lebih cepat.

Aktifitas manusia

Untuk aktivitas manusia, ini mungkin memiliki banyak segi. Manusia dalam aktivitas ini seringkali melibatkan alam, dan alam yang terlibat dalam aktivitas atau aktivitas manusia juga sering mengalami perubahan, meskipun kita tidak menyadarinya atau mungkin kita tidak mengabaikannya. Salah satu aktivitas / aktivitas manusia yang menyebabkan atau dapat menyebabkan eksposur tersebut adalah pembangunan gedung bertingkat.

Pembangunan gedung bertingkat ini akan mempercepat terjadinya penurunan muka tanah. Hal ini dikarenakan berat bangunan yang harus diterima pada luas tanah yang ditempati. Selain pembangunan gedung bertingkat. Penggalian pertambangan juga dapat menyebabkan eksposur.

Proses penggundulan

Proses penggundulan melibatkan beberapa proses yaitu mekanis, biologis dan kimiawi. Eksposur ini dapat mencakup penghilangan partikel padat dan bahan terlarut. Ini berisi:

  • Subproses cryofracture,
  • radiasi matahari terkait cuaca,
  • kehancuran singkat,
  • Pelapukan garam,
  • Bioturbasi dan
  • efek antropogenik.

Di bawah ini adalah beberapa contoh untuk membantu Anda lebih memahami setiap proses eksposur.

Proses mekanis

Eksposur, yang dilakukan dengan menggunakan proses mekanis, juga dikenal sebagai proses fisik. Hal ini tentunya mencakup berbagai aspek / elemen seperti angin, air, udara, sinar matahari dan lain sebagainya. Paparan melalui proses mekanis ini terjadi, misalnya di daerah dengan iklim ekstrim. Paparannya hampir mirip dengan erosi, tetapi terjadi di daerah yang tinggi.

Proses kimiawi

Pemaparan yang terjadi disebabkan oleh proses kimiawi, misalnya pengaruh kandungan air hujan. Air hujan yang mengandung lebih banyak asam bisa membusuk. Ini tidak terkecuali fenomena alam di bumi. Kalau bukan karena kandungan air hujannya, bisa jadi kekuatan air hujannya. Bagian bumi yang menonjol seiring waktu dapat menjadi terkikis, mengurangi ketinggian dataran dan memungkinkan material yang hilang berpindah ke tempat lain karena aliran air hujan.

Proses biologis

Proses biologis ini melibatkan aktivitas makhluk hidup. Aktivitas manusia, yang bervariasi, dapat atau dapat mengakibatkan permukaan bumi terekspos. Misalnya, pembangunan gedung bertingkat dan pertambangan, yang telah dijelaskan di atas.

Efek eksposur

Denudasi adalah proses alami yang memiliki lebih banyak nilai atau sisi negatif daripada yang positif. Ini karena bentuk permukaan bumi bisa berubah-ubah. Namun eksposur juga memiliki sisi positif atau kelebihan. Beberapa efek eksposur ini meliputi:

Pembentukan tebing yang terkikis

Hilangnya sebagian kerak bumi atau perubahan bentuk permukaan bumi
Munculnya tempat-tempat wisata karena hasil pemaparan ini biasanya memiliki bentuk yang unik

Itulah penjelasan pentingnya eksposur, faktor, proses, dan efek. Semoga dapat bermanfaat untuk anda dan kita semua.

Sumber :

Contoh Soal Bahasa Inggris Kelas 1 SD

Artikel mengenai Masalah Bahasa Inggris Kelas 1 untuk sekolah SD/MI semester 1/2, tahun 2020-2021, komplet dengan masalah PG dan Essay, dan kunci jawaban, pelajaran...
admin
1 min read