Pengertian Kebugaran Jasmani Pahami Manfaatnya Bagi Tubuh

5 min read

Pengertian-Kebugaran-Jasmani-Pahami-Manfaatnya-Bagi-Tubuh

Definisi kebugaran jasmani

Kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh dan kemampuan beradaptasi dengan stres fisik (pekerjaan sehari-hari) tanpa kelelahan yang berlebihan.

 

Pengertian-Kebugaran-Jasmani-Pahami-Manfaatnya-Bagi-Tubuh

Setiap orang perlu dalam kondisi fisik yang baik untuk dapat bekerja secara efektif dan efisien tanpa merasa lelah.

Kondisi fisik seseorang menentukan kemampuan fisiknya dalam melakukan tugas sehari-hari. Semakin tinggi kondisi fisiknya, semakin tinggi pula performa fisiknya.

Pelatihan kebugaran jasmani tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran jasmani, tetapi juga merupakan program dasar untuk mengembangkan siswa yang ingin berprestasi dalam olahraga.

Asal mula kebugaran jasmani dimulai dari aktivitas manusia dalam melakukan gerakan-gerakan yang pada akhirnya akan disebut sebagai latihan kebugaran jasmani.

Namun, aktivitas ini memiliki beberapa alasan penting dalam sejarah kebugaran jasmani. Berikut beberapa alasan untuk menjadi bugar secara fisik:

Lakukan beberapa gerakan agar orang dapat menunjang kehidupan sehari-hari.
Sebagai makhluk hidup, latihan fisik merupakan kebutuhan yang mutlak.
Kehidupan aktif Dengan melanjutkan gerakan tertentu, orang akhirnya bisa terhindar dari hipokinesia.

Hipokinesia adalah suatu kondisi di mana makhluk hidup dapat menyebabkan kekurangan suplai oksigen dalam sel dan jaringan tubuh normal.

Fungsi dan tujuan kebugaran jasmani

Di bawah ini adalah beberapa ciri dan tujuan kebugaran jasmani:

Membuat persendian lebih fleksibel

Salah satu tujuan dan manfaat rutinitas olahraga adalah meregangkan sendi. Dengan olahraga teratur, otot-otot tubuh dan tungkai Anda pasti fleksibel. Bentuk latihan kelenturan otot ini bisa dilakukan dengan senam lantai.

Latihan lantai bisa berupa gerakan berguling depan, gulungan belakang, hook, split, lompatan macan, atau gerakan kepala-ke-kaki. Ketika persendian Anda fleksibel, itu bagus untuk tubuh Anda juga. Ini juga meminimalkan risiko cedera.

Misalnya, jika Anda tiba-tiba menjatuhkan sesuatu atau benjolan. Aktivitas sehari-hari lebih mudah dijalankan melalui tubuh tanpa gangguan atau kekakuan karena persendian lebih fleksibel.

Membuat tulang lebih kuat

Manfaat lain dari kebugaran jasmani adalah memperkuat tulang Anda. Saat Anda melatih tubuh untuk melakukan gerakan kebugaran jasmani, tulang menjadi kuat sehingga Anda dapat memikul beban tanpa menemui masalah yang berarti. Anda juga mencegah patah tulang dan meminimalkan jatuh karena jatuh.

Jalan kaki, lari, bersepeda, angkat beban, dan senam adalah beberapa latihan yang antara lain membantu memperkuat tulang.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Selain kedua manfaat tersebut, stamina Anda juga akan semakin kuat jika Anda rutin berolahraga untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Metabolisme Anda juga akan menjadi lebih lancar dan sistem kekebalan Anda juga akan meningkat.

Kondisi ini mencegah Anda dari sakit atau dari penyakit menular atau tidak menular. Kebugaran fisik juga dapat membuat wajah Anda terlihat sehat, segar, dan bercahaya.

Sirkulasi darah menjadi lebih lancar

Manfaat lain dari berolahraga adalah melancarkan peredaran darah. Organ vital Anda, jantung, adalah pusat kehidupan karena jantung adalah mesin utama yang memompa darah ke seluruh tubuh.

Dengan olahraga teratur, jantung juga akan bekerja maksimal saat memompa darah ke seluruh tubuh, otot jantung juga akan kuat, dan aliran darah di pembuluh darah akan lebih lancar.

Ini dilakukan untuk mencegah stroke, penyakit jantung, dan gagal jantung. Latihan yang Anda lakukan adalah treadmill, aerobik, dan lainnya.

Dapat meningkatkan kecerdasan

Manfaat lain yang Anda dapatkan dari berolahraga setiap hari adalah Anda akan meningkatkan kecerdasan Anda. Jika tubuh Anda bugar, otak Anda pasti bisa bekerja maksimal.

Ini akan membuat konsentrasi Anda lebih baik, Anda juga tidak akan mudah dan cepat dilupakan, jika Anda reaktif terhadap sesuatu dan memiliki pemikiran cerdas yang cemerlang. Untuk meningkatkan tingkat kecerdasan Anda, pilih latihan kebugaran fisik yang menghubungkan otak fisik dan fungsi koordinasi Anda.

Latihan kebugaran jasmani yang Anda lakukan adalah menendang bola tepat sasaran, melempar bola basket ke dalam keranjang, memukul bola dengan tongkat, memukul bola tenis dengan raket menempel di dinding, atau dengan teman, bermain bulutangkis dan eksekusi Gerakan tertentu setelahnya Catatan dan berbagai latihan yang bisa melatih saraf motorik. Otak Anda.

Mengurangi stres

Olahraga teratur diketahui juga bisa mengurangi atau menghilangkan stres. Banyak juga yang tahu bahwa stres dan pikiran adalah penyebab segala penyakit. Berolahraga secara teratur akan membuat Anda lebih rileks, lebih nyaman, dan mengurangi stres pada pikiran Anda.

Anda bisa melakukan olahraga ringan dan sederhana seperti: Misalnya jalan-jalan setiap pagi sambil menikmati segarnya udara pagi, ski lintas alam, bersepeda santai, berenang, atau olahraga lain yang menarik minat Anda.

Mencegah Obesitas

Olahraga teratur juga dapat mencegah Anda menjadi gemuk. Diketahui bahwa obesitas merupakan penyebab berbagai penyakit. Penyakit ini sangat berbahaya, seperti darah tinggi, diabetes, jantung, dan stroke.

Selain itu, obesitas juga dapat mengganggu aktivitas atau aktivitas Anda sehari-hari. Obesitas juga bisa menurunkan harga diri Anda. Olahraga teratur atau olahraga untuk meningkatkan kebugaran jasmani dapat membakar lemak berlebih di tubuh dan metabolisme lebih lancar dari sebelumnya, sehingga obesitas juga dapat dihindari.

Memiliki tubuh yang ideal tentunya menjadi dambaan setiap orang. Jadi biarkan harapan Anda menjadi kenyataan dan latihlah mulai sekarang.

Selain tujuan tersebut, kebugaran jasmani juga memiliki beberapa fungsi. Fitur-fitur tersebut antara lain:

  • Sirkulasi darah, sistem saraf dan fungsi jantung meningkat.
  • Fleksibilitas, daya tahan dan kecepatan komponen ditingkatkan.
  • Fungsi organ pulih dengan cepat setelah Anda selesai berolahraga atau bahkan dalam keadaan tertentu, mis. B. pada wanita hamil, lanjut usia dan setelah sakit.
  • Bagi atlet, tingkat kebugaran jasmani yang tinggi menjadi titik tolak untuk meningkatkan prestasi atlet.
  • Merangsang tumbuh kembang balita dan anak.

Ada berbagai latihan kebugaran jasmani yang bisa Anda lakukan seperti jalan kaki, lari, push up, sit up, backup, angkat beban, aerobik, bersepeda, renang, treadmill, senam lantai, lompat, fokus pada tujuan, menggabungkan berbagai gerakan dan dll.

Agar Anda benar-benar memanfaatkan kebugaran fisik, Anda bahkan tidak perlu melakukannya. Lakukan secara rutin setiap hari dan perhatikan juga asupan makanan yang Anda konsumsi.

Makan makanan berserat tinggi seperti buah-buahan dan sayuran, hindari merokok dan alkohol, dan hindari jika tidak diperlukan. Selalu perhatikan waktu istirahat Anda.

Manfaat Kebugaran Jasmani

Di bawah ini adalah beberapa manfaat kebugaran jasmani yang mungkin Anda rasakan:

Menjaga penurunan berat badan

Olah raga mencegah tubuh mengalami berat badan berlebih, yang dapat membahayakan kesehatan. Namun nafsu makan meningkat karena peningkatan metabolisme saat berolahraga.

Jika Anda tidak dapat menemukan waktu khusus untuk berolahraga, cobalah tetap aktif sepanjang hari dengan, misalnya, memilih tangga daripada lift. Pastikan aktivitas fisik Anda cocok dengan jenis latihan pengganti.

Kurangi stres dan tidur nyenyak

Beban kerja sehari-hari tentu berpengaruh pada ketegangan emosi, sehingga tidak jarang stres dan perasaan penat bisa menuai juga. Aktivitas fisik, seperti berbagai bahan kimia di otak, seperti kebugaran fisik, dapat dirangsang untuk membuat Anda merasa lebih tenang, lebih rileks, lebih percaya diri, dan lebih bahagia.

Tak heran, jalan santai selama 30 menit sudah cukup untuk meraup manfaat dari olahraga dan tidur nyenyak. Untuk memastikan tidur malam yang nyenyak, pilih program olahraga yang tidak membatasi tidur Anda.

Meningkatkan energi, kekuatan otak, dan produktivitas

Olahraga meningkatkan jumlah energi, hormon endorfin, dan serotonin di otak, yang membawa kejernihan mental. Dampaknya, hari-hari lebih produktif di kantor dan hasil kerja lebih baik.

Olah raga di pagi hari untuk menjaga kondisi stabil sepanjang hari. Udara pagi dan matahari sangat baik untuk kesehatan Anda.

Anda juga akan lebih energik dalam melakukan aktivitas fisik seperti menaiki tangga atau pekerjaan kantor yang sebelumnya mungkin Anda anggap membosankan.

Hindari penyakit dan proses penuaan

Olahraga teratur dapat melindungi Anda dari penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, obesitas, diabetes, osteoporosis, sakit punggung, depresi, kecemasan, kehilangan massa otot, dan artritis.

Latihan kebugaran jasmani dapat mengurangi aspek-aspek yang mempengaruhi proses penuaan, mulai dari nyeri ringan hingga nyeri pada area tubuh tertentu.

Memperbaiki hubungan sosial dan seksual

Mungkin inilah manfaat latihan kebugaran jasmani yang paling banyak dicari oleh anda yang sudah berpasangan atau yang masih kekurangan pasangan hidup.

Tapi percayalah, berolahraga secara teratur tidak hanya membuat Anda lebih terhubung secara sosial. Latihan ini juga dapat mengurangi kekhawatiran tentang disfungsi ereksi, terutama pada pria.
Komponen kebugaran jasmani

Berikut 10 komponen kebugaran jasmani yaitu:

  1. Strength (kekuatan)
  2. Ketekunan (ketekunan)
  3. Kekuatan otot
  4. Kecepatan (speed)
  5. fleksibilitas
  6. Agility (agility),
  7. koordinasi
  8. Keseimbangan
  9. ketepatan
  10. Reaksi (reaksi).

Elemen kebugaran jasmani

Strength (kekuatan)

Kekuatan adalah keadaan tubuh dalam menggunakan otot untuk memaksimalkan energi selama melakukan aktivitas fisik. Kekuatan sangat penting dalam setiap aktivitas fisik karena dapat mencegah cedera dan merupakan kekuatan pendorong. Kekuatan otot yang baik bisa diraih dengan melakukan latihan rutin secara rutin.

Ketekunan (ketekunan)

Endurance / endurance adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan organ tubuhnya seperti paru-paru dan jantung dalam waktu yang lama dan dengan kecepatan yang berbeda (antara sedang dan cepat) secara efektif dan efisien serta tanpa rasa sakit dan kelelahan yang berarti.

Kecepatan (speed)

Kecepatan adalah waktu yang dibutuhkan seseorang untuk melakukan gerakan yang bervariasi dan terus menerus. Semakin sedikit waktu yang dibutuhkan, semakin dapat disimpulkan bahwa seseorang memiliki kecepatan yang baik.

Agility (agility)

Agility adalah kemampuan manusia untuk beradaptasi dengan semua postur tubuh, misalnya dari kiri ke kanan atau dari depan ke belakang. Olahraga yang membutuhkan ketangkasan, termasuk bulu tangkis dan sepak bola.

Fleksibilitas (fleksibilitas)

Fleksibilitas, atau kelenturan, biasanya mengacu pada seberapa baik tubuh seseorang memungkinkan tubuhnya beradaptasi dengan aktivitas atau gerakan yang benar-benar membutuhkan kelenturan.

Reaksi (reaksi)

Reaksi, atau reaksi, adalah kemampuan tubuh seseorang untuk merespons gerakan, rangsangan, atau rangsangan orang lain. Bentuk dari latihan kebugaran jasmani untuk melatih elemen reaksi adalah melempar dan menangkap bola.

ketepatan

Akurasi, atau akurasi, adalah kemampuan tubuh untuk mengarahkan gerakan ke arah target yang ingin dituju. Panahan dan bowling adalah beberapa contoh olahraga yang membutuhkan ketelitian. Salah satu latihan yang bisa dilakukan untuk mengasah akurasi atau akurasi adalah melempar bola ke arah target atau keranjang tertentu.

Keseimbangan

Keseimbangan adalah kemampuan tubuh untuk mengontrol organ dan saraf otot sedemikian rupa sehingga gerakan tubuh dapat dikontrol dengan baik. Elemen keseimbangan ini sangat dibutuhkan dalam olahraga senam dan lompat indah.

koordinasi

Koordinasi adalah kemampuan tubuh untuk menggabungkan berbagai gerakan tubuh menjadi satu gerakan yang efektif. Latihan yang dapat melatih unsur koordinasi membutuhkan keterampilan tambahan yaitu konsentrasi tinggi dan kemampuan gerak naluri yang kuat.

Kekuatan otot / kekuatan ledakan

Kekuatan otot mengacu pada gaya ledakan otot atau disebut sebagai gaya ledakan. Intinya adalah kemampuan seseorang untuk memaksimalkan kekuatan dalam waktu singkat.

Demikian review dari pengajar.co.id terkait kebugaran jasmani. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bermanfaat untuk anda.

Baca Juga: