Pengertian Konsep, Fungsi, Ciri, Unsur, beserta Karakteristik

2 min read

pengertian-konsep

Pahami konsep

pengertian-konsep

Pengertian konsep adalah representasi abstrak dan umum dari sesuatu yang bertujuan untuk menjelaskan suatu objek, ide, atau peristiwa.

Menurut Wikipedia, makna konsep atau komposisi adalah entitas mental abstrak dan universal yang mengacu pada kategori atau kelas dari suatu entitas, peristiwa, atau hubungan. Istilah konsep berasal dari bahasa latin yang artinya sesuatu yang dipahami.

Secara etimologis, kata “konsep” berasal dari bahasa Latin “konsep”, yang berarti sesuatu yang dapat dipahami. Istilah konsep lain ini terdiri dari rangkaian pernyataan yang saling terkait, gagasan / gagasan tentang berbagai peristiwa / kejadian dan juga menjadi dasar / pedoman untuk melakukan penelitian.

Pahami konsep menurut para ahli

Untuk membantu memahami makna konsep tersebut, kita dapat merujuk pada beberapa pendapat yang dikemukakan oleh para ahli. Di bawah ini pemahaman konsep para ahli, yaitu:

1. Menurut Soedjadi

Istilah konsep ini merupakan gagasan abstrak yang dapat digunakan untuk mengelompokkan, atau juga untuk dapat mengelompokkan, yang umumnya diungkapkan dengan istilah atau rangkaian kata (simbol bahasa).

2. Untuk Bahri

Pengertian konsep adalah satuan makna yang merepresentasikan rangkaian objek yang memiliki sifat yang sama. Konsep itu sendiri juga dapat disimbolkan dalam bentuk kata (lambang bahasa).

3. Setelah Singarimbun dan Effendi

Istilah konsep ini merupakan generalisasi dari sekelompok fenomena tertentu sehingga dapat digunakan untuk mendeskripsikan semua jenis fenomena yang sama. Konsep adalah pemahaman yang seragam tentang materi yang dirumuskan atau masalah yang dirumuskan.

4. Menurut Aristoteles

Dalam bukunya The Classical Theory of Concepts, Aristoteles menjelaskan pentingnya konsep dalam kaitannya dengan komponen utama dalam pembentukan ilmu pengetahuan dan filsafat pemikiran manusia.

5. Menurut Woodruff

Memahami konsep Woodruff dapat dibagi menjadi tiga area:

  • Konsep dapat diartikan sebagai gagasan yang relatif sempurna dan bermakna
  • Konsep adalah pemahaman tentang suatu objek
  • Konsep merupakan produk subjektif yang muncul dari cara seseorang memahami objek atau objek melalui pengalamannya (setelah mempersepsikan objek / objek).

Karakteristik konsep

Tentunya dalam sebuah konsep memiliki beberapa ciri. Di bawah ini adalah fitur dari konsep tersebut, termasuk:

  • Konsep memiliki karakter abstrak dan merupakan deskripsi mental dari objek, peristiwa, atau aktivitas.
  • Konsep adalah kumpulan benda-benda yang umumnya memiliki sifat atau kualitas. Jadi ada beberapa hal dalam konsep ini yang bisa disatukan.
  • Konsep tersebut memiliki karakter pribadi. Misalnya pemahaman orang tentang konsep “kelompok” mungkin berbeda dengan pemahaman orang lain.
  • Konsep tersebut dipelajari melalui pengalaman belajar.
  • Konsepnya bukanlah pertanyaan tentang arti sebuah kata seperti yang ada dalam kamus, kamus itu sendiri memiliki arti lain yang lebih luas.

Fungsi konsep

Secara umum, konsep ini memiliki fungsi untuk memberikan gambaran keseluruhan atau penjelasan untuk sesuatu. Berikut adalah beberapa fitur konsep:

1. Fungsi kognitif

Dalam hal ini kognitif adalah kemampuan manusia untuk berpikir secara optimal sepanjang hidupnya. Konsep ini membuat fungsi kognitif seseorang menjadi lebih baik.

2. Fungsi evaluasi

Saat membuat konsep, ada proses evaluasi di mana orang tersebut menentukan nilai suatu benda.

3. Fungsi operasional

Landasan yang kuat diperlukan dalam proses implementasi untuk melakukan ini. Konsep tersebut menjadikan proses operasional lebih efektif dan efisien.

4. Fungsi komunikasi

Sebagaimana dijelaskan di atas, dalam konsep ini terdapat proses komunikasi yang didalamnya terdapat penjelasan, ide, gagasan tentang suatu objek atau peristiwa.

Elemen dalam konsep

Tentu saja ada beberapa elemen yang terlibat dalam menciptakan sebuah konsep. Berikut adalah elemen-elemen dari konsep ini:

Nama pertama

Ini adalah konsep yang mewakili satu kata untuk dapat menjelaskan suatu gagasan atau gagasan.

Contoh kedua

Saat menyampaikan ide, ada beberapa contoh analitik yang membandingkan contoh positif dan negatif beserta karakteristiknya.

3. Fitur utama

Ciri-ciri dasar inilah yang digunakan untuk membuat dan juga menentukan contoh dalam kategori konsep atau non-konsep.

4. Area karakteristik

Ini adalah konsep yang berkaitan dengan konsep lain dan memiliki sejumlah fitur yang membatasi konsep tersebut, antara lain:

  • Superordinate (konsep yang terkait dengan konsep yang lebih luas)
  • Koordinat (yang merupakan konsep yang setara dan terkait satu sama lain)
  • Bawahan (adalah sub-kategori atau sebagian kecil dari sebuah konsep)
    aturan

Karakteristik konsep

Masing-masing konsep ini tentunya memiliki sifat yang membuatnya dapat dikenali. Di bawah ini adalah ciri-ciri konsep, termasuk yang berikut ini:

  • Konsep ini memiliki sifat abstrak yaitu gambaran mental tentang objek, aktivitas, dan peristiwa.
    Secara umum, konsep ini merupakan kumpulan objek yang berbeda dengan sifat dan kualitas tertentu.
  • Konsep bersifat pribadi, sehingga pemahaman seseorang tentang sesuatu mungkin berbeda dengan pemahaman orang lain.
  • Konsep ini dapat diidentifikasi melalui proses pembelajaran dan pengalaman sendiri.

Demikian penjelasan tentang pengertian konsep, fungsi, ciri, elemen, dan ciri. Semoga apa yang dijelaskan tentang konsep ini semoga bermanfaat bagi anda. Terimakasih banyak.

Sumber :