Cerita 5 Personil Band yang Mantap Berhijrah

2 min read

personil-band-berhijrah-2

Kisah 5 karyawan band yang pindah | Pernah menggunakan narkoba sampai mereka meninggalkan band secara permanen

personil-band-berhijrah-2

Boy band biasanya diasosiasikan dengan slang, image modern yang akrab dengan hiruk pikuk dunia, sering disamakan dengan istilah playboy.

Pasalnya, pekerjaan sebagai anggota band menempatkan pelakunya di tengah pusaran kesenangan dan hiburan dunia.

Namun, tidak semua band yang kita kenal melakukan hal yang sama. Ada juga sebagian dari mereka yang mengingat sisi spiritual diri mereka sendiri dan bahkan mempelajari agama lebih dalam.

Dalam proses yang panjang, sejumlah anggota band memutuskan untuk pindah dan meninggalkan gemerlap dunia hiburan agar bisa lebih dekat dengan Sang Pencipta.

Siapa kamu? Begitulah ceritanya, geng.

1. Reza – drummer Peterpan & NOAH

Ilsyah Ryan Reza alias Reza yang sebelumnya bekerja sama dengan Peterpan dan NOAH diketahui telah merantau dan merelakan karirnya sebagai musisi.

Dulu, dia dan Ariel, Uki, Lukman dan David sering mendapat pekerjaan manggung, bahkan di berbagai negara di dunia.

Namun, ternyata kasus video ‘dewasa’ yang mengatasnamakan Ariel di tahun 2010 itu memaksa band Peterpan menyedot hingga penyanyi itu bebas.

Saat itu, Reza memanfaatkan momentum introspeksi diri dengan menekuni ilmu agama yang kemudian menggerakkan hati Reza untuk bergerak mantap, perlahan.

NOAH merasakan kesibukannya untuk tampil kembali saat Ariel senggang, namun Reza sepertinya kesulitan untuk tetap istiqomah saat hijrah, sehingga ia mengundurkan diri dari NOAH pada tahun 2014.

2. Andika – pemain keyboard untuk Peterpan dan The Titans

Selain Reza, ada mantan pegawai Peterpan yang pelan-pelan hijrah, Andika yang bernama asli Andika Naliputra Wirahardja.

Berbeda dengan Reza yang tergerak setelah melihat rekan kerjanya tersandung kasus, Andika harus mengalami pahitnya terlibat kasus kriminal.

Pemain keyboard veteran itu dijatuhi hukuman 8 tahun penjara karena kedapatan memiliki dua bungkus tembakau gorila dengan tuduhan penyalahgunaan zat.

Setelah Andika, yang membentuk The Titans pada 2006, mengembuskan napas terbuka, geng ini jarang tampil di atas panggung.

Rupanya dia sekarang sering menekuni studi agama. Andika juga kerap membagikan aktivitasnya di Instagram.

3. Sakti – gitaris Sheila On 7

Sebagai pendiri dan gitaris grup musik Sheila On 7, pria bernama asli Sakti Ari Seno ini tentu memiliki posisi penting di Sheila On 7.

Sejak awal perjalanannya bersama band, ia selalu antusias road show ke beberapa kota, meski Shakti sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk keluarganya.

Hingga suatu hari ia mendapat kabar bahwa ibunya sedang dirawat di rumah sakit.

Sejak saat itu, muncul perdebatan di benak Shakti, dihadapkan pada pilihan antara mengejar dunia atau akhirat – sang gitaris memutuskan untuk pensiun dari Sheila On 7 pada tahun 2006.

Dia mengubah namanya menjadi Salman Al Jugjawi. Gaya dan penampilannya pun berubah seiring aktivitasnya memperdalam ibadah dan dakwahnya.

Meski demikian, ia tetap menjaga hubungan baik dengan staf di Sheila On 7, geng.

4. Derry Sulaiman – Gitaris Pengkhianat

Dengan profesi sebagai gitaris band metal Betrayer, jiwa Dery Sulaiman merindukan kebebasan bahkan lari dari kewajibannya sebagai seorang muslim, sehingga pada tahun 1998 ia sengaja merekam album di Bali demi memenuhi keinginannya.

Setelah jauh-jauh ke Bali, Derry malah diajak nongkrong di masjid oleh band metal Rotor, penyanyi Irfan.

Anehnya, Derry yang sudah lama tidak bepergian ke masjid justru merasakan ketenangan yang sering ia rasakan saat menyanyikan lagu di atas panggung.

Bahkan, dia sendiri sempat menghindari makian ustadz yang mendatanginya, geng.

Sejak kembali menginjakkan kakinya di Bali saat itu, ia malah menekuni ilmu agama Islam, bahkan penampilannya menjadi sangat religius.

5. Ivanka – bassis Slank

Ada juga band yang berhijrah tanpa meninggalkan bandnya. Ya, karakter ini adalah Ivan Kurniawan Arifin atau yang dikenal sebagai Ivanka, pemain bass Slank.

Ivan sendiri sebelumnya menjadi pemain tambahan bagi Slank untuk tampil di berbagai kota setelah Slank ditinggal sejumlah staf hingga akhirnya resmi menjadi bagian dari band legendaris tersebut.

Bahkan, ia juga diketahui mengonsumsi Putaw dan ganja bersama Kaka dan Bimbim.

Kemudian, seiring waktu, Ivanka memutuskan untuk meninggalkan kehidupan kelamnya – dia mulai belajar agama dan mempraktikkan ajaran Islam.

Sejak itu, Ivanka dianggap ada di sana

Sumber :