Pesawat Hawk 100 / 200 Ideal Untuk Pesawat Latihan

Inggris berupaya keras untuk memenangkan persaingan pemasaran pesawat militernya di kawasan Timur Tengah dan juga di Asia dan Pasifik. Penjualannya yang diajukan dapat dibayar dalam paket kredit ataupun dalam bentuk kerja sama dengan industri pesawat terbang dari negara calon pembeli. Bahkan tidak tertutup kemungkinan dengan dukungan pinjaman lunak atas memorandum of Understanding. Ketatnya persaingan juga tampak dalam setiap ajang pameran kedirgantaraan Asian Aeospace. Persaingan yang cukup ketat terjadi antara Perancis dengan Dassault nya, Italia dengan Grup Alenia yang menawarkan pesawat AMX, dan Inggris sendiri menawarkan pesawat tempur dan pesawat latih Hawk 100 dan Hawk 200.

Kiranya cukup beralasan apabila para produsen dari Eropa Barat ini berupaya keras untuk merebut pasar kawasan Asia dan Pasifik. Setelah terjadi perubahan di kawasan Eropa Timur, dan masuknya konsep-konsep baru dalam pengembangan pesawat tempur, diantaranya European Fighter Aircraft atau yang biasa disingkat EFA. Dan adanya permintaan dari negara-negara di kawasan Asia Pasifik serta Timur Tengah, terutama untuk mengganti aset pesawat tempur yang rata-rata sudah berusia cukup lanjut. Produsen Eropa berkepentingan untuk memasarkan produk-produk pesawat hasil rancangan akhir tahun 1980 dan 1990 an yang telah memakan biaya sangat tinggi.

Beberapa negara Asia memang telah banyak menerima aset baru, seperti F16, namun untuk memelihara kekuatan masih diperlukan tambahan pesawat tempur maupun pesawat latih untuk tempur baru untuk mencapai sasaran pemenuhan tingkat kekuatan yang ideal. Aset tempur yang ada seperti jenis F-5E, Hawk seri MK 50 ataupun A-4 Skyhawk, yang banyak dimiliki oleh negara-negara di Asia dan Pasifik rata-rata efektifitas opersionalnya hanya 20 tahunan. Maka tahun sekarang ini cukup ideal untuk masuknya aset baru. Sehingga dalam tahap penggantian tidak terjadi kekosongan mengingat jangka waktu pengirimanpesawat baru juga memerlukan waktu yang cukup lama.

British Aerospace, sebagai badan industri pertahanan terkemuka dari Inggris, merupakan produsen pesawat tempur seperti Tornado, Harrier, maupun Hawk. Kehadiran perusahaan ini dalam sektor industri pesawat tempur sidah bukan kehadiran baru lagi. Produk-produk pesawat Pesawat Hawk 100 di kawasan Asia sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama

Leave a Comment