Rekomendasi Laptop Yang Bagus Untuk Main Game

2 min read

Rekomendasi-Laptop-Yang-Bagus-Untuk-Main-Game

Rekomendasi Laptop Yang Bagus Untuk Main Game

 

Bagaimana Anda memilih laptop yang bagus untuk dimainkan? Adakah tip dan kriteria khusus untuk memilih laptop yang layak untuk gaming mulus tanpa lag?

Rekomendasi-Laptop-Yang-Bagus-Untuk-Main-Game

Ini mungkin menjadi pertanyaan bagi para gamer yang ingin merasakan pengalaman bermain game di laptop gaming. Saat ini, tren gaming telah sedikit bergeser dari apa yang dulu para gamer gunakan untuk membangun PC untuk bermain game, tetapi sekarang kami memiliki alternatif lain yaitu menggunakan laptop.

Apalagi kini banyak brand besar yang terus berinovasi merilis produk laptop gaming dengan harga antara 10 jutaan dan sekelas Sultan.

Pada kesempatan kali ini, para teknosentris membagikan tips dan panduan dalam memilih laptop yang bagus untuk dimainkan, serta beberapa rekomendasi laptop gaming terbaik yang bisa dipilih.

Ciri-ciri laptop yang bagus untuk gaming

1. Prosesor Intel Core i5 dan yang lebih baru
prosesor yang bagus untuk memainkan game laptop gaming

Prosesor merupakan komponen terpenting yang menentukan kinerja keseluruhan dari sebuah laptop gaming. Untuk bisa memainkan game-game berat, setidaknya laptop yang kami pilih sudah menggunakan prosesor Intel Core i5 atau lebih tinggi. Jika Anda adalah penggemar AMD, Anda dapat menggunakan prosesor AMD Ryzen 5 ke atas.

Semakin mutakhir dan lebih tinggi prosesor yang digunakan, semakin baik. Contohnya, saat ini ada banyak laptop gaming di luar sana yang menggunakan prosesor Intel Core i9 generasi ke-9, yang dijamin cukup bertenaga untuk memainkan semua game heavy-duty yang tersedia tanpa penundaan.

Namun, saat memilih prosesor, itu juga tergantung pada anggaran Anda. Jika bujet tidak terlalu besar, Anda bisa memilih minimal Intel Core i5 atau Intel Core i7. Saat ini terdapat berbagai laptop gaming murah di luar sana yang sudah menggunakan prosesor Intel Core i5 dan i7 yang bisa memainkan game berat tanpa lag. Baca rekomendasinya di sini:

10 Juta Laptop Gaming Teratas [Tahun]

Anda harus sangat berhati-hati saat memilih prosesor ini karena prosesor ini tidak dapat ditingkatkan. Jadi keputusan yang mendukung prosesor adalah keputusan akhir. Tidak seperti komponen lain seperti RAM atau hard drive yang dapat diupgrade, prosesor pada laptop biasanya tidak dapat diupgrade. Jadi pilihlah yang bisa digunakan dalam jangka panjang dan sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini.
2. Kartu grafis (VGA)
VGA berfungsi dengan baik untuk bermain game laptop

Bagian kedua yang perlu diperhatikan setelah memilih prosesor adalah kartu grafis, atau lebih baik kita sebut VGA. Komponen ini berdampak besar pada kualitas dan kejelasan gambar yang dibuat saat diputar. Kebanyakan game juga sangat berbasis VGA. Jadi jika Anda menggunakan VGA yang bagus, itu akan berdampak besar pada kinerja laptop gaming Anda di kemudian hari.

Saat ini NVidia dan AMD merupakan dua merek yang sangat kompetitif di pasar kartu grafis. Untuk game-game berat, kita bisa mengandalkan prosesor AMD R7 atau seri AMD Radeon 560X. Untuk NVidia, Anda dapat memilih seri NVidia Geforce GTX 1070 yang dapat diputar dalam resolusi 4K.

Tapi rata-rata laptop yang menggunakan VGA tinggi juga lumayan mahal, rata-rata diatas 20 jutaan. Bagi pemula mungkin bisa memilih NVidia Geforce GTX 1050 yang memiliki harga lebih murah. Rata-rata laptop VGA ini berada pada kisaran harga 10 hingga 14 jutaan.
3. Pilih ukuran layar yang sesuai dengan resolusi Full HD
layar yang bagus untuk laptop gaming

Ciri-ciri laptop gaming yang bagus juga terletak pada dimensi layar dan resolusi tertinggi yang dapat ditampilkannya. Saat ini, semua game mendukung tampilan gambar dengan resolusi Full HD (1080p). Oleh karena itu resolusi ini menjadi patokan dalam memilih laptop gaming.

Usahakan untuk mendesain laptop gaming pilihan Anda untuk mendukung resolusi Full HD agar kualitas gambar yang ditampilkan lebih jernih dan kepuasan bermain game semakin besar. Jangan memilih laptop gaming dengan resolusi kurang dari 1080p (1920 × 1080).

Selain memperhatikan resolusi, ukuran atau dimensi layar juga harus dipilih dengan cermat. Saat ini kebanyakan laptop gaming memiliki ukuran layar 15.6 inchi, ukuran yang sangat pas di mata. Namun, jika Anda lebih suka bermain di layar lebar, Anda bisa memilih ukuran 17 atau 18 inci.

Tapi ingat, semakin besar layarnya, semakin berat laptop tersebut. Ingatlah hal ini jika laptop juga digunakan untuk keperluan sekolah atau perguruan tinggi.

Faktor yang tidak kalah penting dari performa tampilan laptop gaming adalah refresh rate dan sinkronisasi dengan kartu grafis. Ve

 

Baca Juga :