Tips Cara Memakai WA Web di Laptop Khusus Iphone

3 min read

wa web di hp didesain memang untuk mempermudah orang-orang memakai WhatsApp di laptop. Pekerjaan yang semakin banyak beralih ke online ini membuat orang-orang mau tidak mau memakai aplikasi chating dan salah satunya WhatsApp ini.

wa-web

Pekerjaan-pekerjaan yang sering dikirimkan melalui WhatsApp kerap merepotkan apabila pekerjaan itu harus dikerjakan dengan menggunakan laptop. Kamu pasti pernah kan merasakan ini, sibuk memindah file-file dari smartphone ke laptop. Dengan adanya ini, kamu tidak perlu lagi seperti itu.

Tips Agar WhatsApp Tidak Rakus Memakan Ruang Penyimpanan

Alasan yang seringkali terungkap ketika orang ingin menggunakan WA Web adalah menghemat ruang penyimpanan. Aplikasi WhatsApp memang aplikasi yang banyak sekali memakan ruang penyimpanan. Jangankan datanya, database yang tidak terpakai saja sudah sangat memakan ruang penyimpanan.

Apalagi data dan dokumen-dokumen pekerjaan yang nyaris setiap hari silih berganti muncul di aplikasi tersebut. Makanya untuk menyiasati hal tersebut, ada tips buat kamu agar WhatsApp ini tidak terlalu memakan banyak ruang penyimpanan. Semoga saja dengan ini, masalahmu tentang itu teratasi.

  1. Matikan Sistem Auto-Download

Sistem download otomatis biasanya menyala ketika kamu baru pertama kali menggunakan WhatsApp. Sistem ini bersifat dua hal yakni mengganggu dan membantu. Mengganggu karena dengan hidupnya sistem ini maka file yang berupa apa pun dapat masuk secara otomatis.

Matikan-Sistem-Auto-Download

Sehingga dapat memenuhi ruang penyimpanan smartphone mu. Apalagi kamu merupakan anggota dari beberapa grup yang kamu ikuti. Mulai dari grup sekolah, pekerjaan sampai grup yang tidak penting sekalipun.

Bila kamu hidupkan, maka secara otomatis semua kiriman itu masuk dan seketika itu juga penyimpananmu akan penuh karena tidak bisa kamu kontrol penyimpanan file-file kiriman tersebut.

Padahal untuk smartphone saat ini, ukuran gambar dan video saja sudah hitungan ratusan MB. Bayangkan kalau dalam satu jam saja sudah ada sepuluh video, bukankah ruang penyimpanan yang hanya 1GB bakalan penuh seketika.

Untuk mengatasi masalah ini kamu perlu menonaktifkan sistem download otomatis dari WhatsApp ini. Hitung-hitung merupakan cara mengontrol agar penyimpanan smartphone tidak penuh lagi.

Lalu bagaimana caranya mematikan sistem download otomatis tersebut? Sederhana sekali caranya. Kamu cari pilihan setting yang ada di WhatsApp-mu. Lalu tekan tulisan menu storage and data atau bahasa Indonesianya penyimpanan dan data.

Setelah menekan tombol tersebut, kamu akan disuruh memilih, pilihlah yang when using mobile data atau bahasa Indonesianya saat menggunakan data seluler. Di sana ada kotak yang tercentang. Kotak itu menunjukkan download otomatis file berupa foto, audio, video, dll.

Hapus saja centang yang ada di kolom tersebut. Lalu setelah itu hapus juga di kolom Wifi atau saat terkoneksi WiFi.

  1. Mengelola Chatting

Mengirim pesan merupakan hal yang wajar di aplikasi ini. Akan tetapi kamu perlu tahu, setiap chatting yang kamu terima memiliki ukuran berbeda-beda. Tidak semua chatting yang muncul di halaman GB WhatsApp mu itu memiliki ukuran yang kecil.

Mengelola-Chatting

Ada yang memiliki ukuran besar sehingga membuat ruang penyimpananmu menipis. Namun ada pula chatting yang memiliki ukuran sedang atau bahkan tergolong kecil. Untuk mengetahui mana saja sih chatting yang memiliki ukuran besar atau kecil, kamu simak caranya.

Pertama kamu perlu membuka menu setting dengan menekan titik tiga yang bertumpuk di pojok kanan layarmu. Lalu pilih tombol storage and data dan usai memilihnya kamu pilih tulisan manage storage.

Scroll ke bawah sampai kamu menemukan daftar chat mana saja yang membuat ruang penyimpananmu terbatas. Kamu juga bisa mengurutkan dari chatting yang berukuran kecil ke besar atau besar ke kecil.

Nah jika kamu sudah melihatnya dan ingin membersihkan chatting mana yang kamu rasa tidak perlu dan malah memakan ruang penyimpananmu, kamu bisa membersihkannya dengan memilih file atau chatting mana saja yang ingin kamu hapus.

  1. Menghapus file-file yang Berukuran Besar

Cara yang ketiga ini biasanya cara yang sering digunakan oleh orang-orang yakni menghapus file-file baik dokumen, video, foto yang memiliki ukuran di atas rata-rata. Dengan menghapus ini benar kamu dapat sedikit membuat ruang penyimpananmu lega.

Kamu bisa menggunakan cara ini dengan catatan jeli dan teliti ketika melakukannya. Karena kalau tidak, semua foto-foto atau kenangan yang kamu abadikan akan lenyap seketika saat kamu tanpa sadar menghapusnya gara-gara ingin memperluas ruang penyimpananmu.

Atau kalau tidak, kamu bisa mengaktifkan google drive untuk membantu menyimpan file-file yang kamu rasa banyak memakan ruang penyimpananmu. Sehingga kamu tidak perlu kecewa karena sudah menghapus apa yang kamu simpan.

 

Tips Memindah WA dari Iphone ke WA Web di Laptop

Nah kini saatnya kamu menyimak tips memindah WA dari Iphone ke WA Web yang bisa kamu akses di laptopmu. Tentu tidak lain tidak bukan untuk kepentingan pekerjaanmu agar lebih mudah dan nyaman dalam bekerja.

Berikut cara yang bisa kamu lakukan apabila kamu masih merasa bingung cara memindah WA apalagi kamu yang memiliki sistem seperti smartphone Iphone ini. Caranya tidak terlalu sulit hanya saja membutuhkan ketelitian dalam melakukannya. Mari simak caranya!

  • Membuka Situsnya

Untuk cara yang pertama ini hampir semua sama antara android dan iphone. Karena hanya situs ini yang resmi dari WhatsApp sedangkan situs lain merupakan situs tidak resmi dan malah tergolong berbahaya. Karena ditakutkan ada kejahatan dibalik tersebarnya situs tidak resmi.

Kamu klik saja situs resmi dari WhatsApp ini memalui laptop. Mau pakai aplikasi browser apa saja, silakan sesuai dengan kenyamananmu. https://web.whatsapp.com/ jika sudah maka akan muncul barcode untuk discan nantinya.

  • Siapkan Iphone

Siapkan-Iphone

Langkah kedua kamu perlu membuka WhatsApp yang ada di Iphone mu. Di toolbar bawah dan paling kanan sendiri, kamu klik menu setting. Setting antara android dan Iphone berbeda, maka kamu tidak boleh menyimak cara memindah WA dari android apabila kamu pengguna Iphone.

Untuk langkah-langkahnya hampir mirip hanya saja beberapa sistem dan tampilannya berbeda antara android dan iphone.

Ketika sudah membuka setting. Maka ada banyak pilihan disana, mulai pesan berbintang, WhatsApp Web/desktop, akun, dan sebagainya.

  • Pilih WA Web di Setting Tersebut

Tadi sudah dijelaskan ada banyak pilihan di sana, salah satunya WhatsApp Web ini. Nah kamu jangan fokus ke pilihan lainnya, karena hanya WhatsApp Web yang kamu perlukan saat ini. Pandangan matamu jangan kamu ajak untuk mendua.

Pilih saja WhatsApp Web lalu akan muncul tampilan seperti sedang membuka kamera. Nah jika sudah muncul seperti maka dapat dipastikan kamu berhasil.

  • Scan Barcode

Yang terakhir tinggal kamu scan saja barcode tersebut seperti kamu memotret. Nanti otomatis WA mu akan muncul di layar laptop.

Perkembangan zaman memang sangat memudahkan siapa pun. Hal-hal yang rumit, merepotkan mendadak dapat dilakukan dengan praktis karena adanya perkembangan zaman ini. Gunakan dan manfaatkan perkembangan teknologi ini dengan kebaikan.

 

Referensi : https://memphisthemusical.com/fmwhatsapp/