Yang dimaksud dengan budaya adalah: contoh, fungsi, bentuk, unsur

2 min read

Yang-dimaksud-dengan-budaya-adalah-contoh-fungsi-bentuk-unsur

Yang dimaksud dengan budaya adalah: contoh, fungsi, bentuk, unsur

Definisi budaya

Budaya muncul dari kata budaya, dan budaya sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Buddhaya yang artinya akal atau pengertian. Jadi budaya adalah sesuatu yang berhubungan dengan akal dan pengertian. Namun, ada beberapa ahli yang pernah mencoba mendefinisikan apa itu budaya, di antaranya:

Yang-dimaksud-dengan-budaya-adalah-contoh-fungsi-bentuk-unsur

Menurut pakar budaya Soelaeman Soenardi dan Selo Soemardjan adalah semua karya, kreasi dan selera masyarakat.

Sedangkan Koentjaraningrat menyatakan bahwa kebudayaan adalah keseluruhan sistem ide dan tindakan yang diciptakan oleh manusia melalui pembelajaran dalam konteks kehidupan manusia.

Kemudian J. Macionis menambahkan bahwa budaya adalah cara berpikir, cara bertindak, dan objek material yang bersama-sama membentuk cara hidup manusia. Budaya mencakup apa yang kita pikirkan, bagaimana kita bertindak, dan apa yang kita miliki.
Fungsi budaya

Pada dasarnya budaya memiliki fungsi mengatur masyarakat, bagaimana seharusnya bertindak dan menentukan sikap ketika dihadapkan pada sesuatu, sehingga kehidupan menjadi tertib. Dan untuk fungsi budaya lainnya termasuk:

Budaya berfungsi sebagai pedoman bagi hubungan antar manusia atau kelompok, karena dapat mengarah ke suatu arah atau tujuan dalam suatu kelompok tertentu karena memiliki budaya yang sama.
Kebudayaan berfungsi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, yaitu karena masyarakat dapat bertahan hidup dengan memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Contohnya adalah berkebun untuk komunitas pegunungan atau memancing untuk komunitas pesisir. Keduanya dapat bertahan hidup dengan menggunakan budaya dan tata cara masing-masing untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Budaya juga berperan sebagai penggerak perubahan sosial. Ketika suatu budaya baru memasuki ranah masyarakat tertentu, sedikit banyak mengubah pola perilaku sebagian orang yang menyukai budaya tersebut.

Lihat juga: Sejarah Candi Borobudur

Bentuk budaya

Sedangkan menurut Koentjaraningrat bentuk kebudayaan dibedakan menjadi beberapa hal yaitu:

Nilai budaya

Nilai ini dipelajari dari masyarakat sejak kecil dan sangat sulit untuk digoyahkan dan melahirkan gagasan atau pandangan di kemudian hari. Bisa dalam bentuk pikiran, tingkah laku, atau objek tertentu.

Sistem budaya

Sistem budaya bersifat abstrak dan terstruktur dalam perwujudannya dan didasarkan pada sistem tertentu.

Sistem sosial

Dalam sistem sosial budaya itu konkret dan bisa diabadikan. Sistem sosial menggambarkan perilaku manusia yang dilanjutkan dengan pola dan aturan tertentu.

Budaya fisik

Budaya fisik memiliki arti memiliki bentuk dan dapat dilihat, seperti candi, pakaian adat, gamelan, dan benda bersejarah lainnya.
Unsur budaya

C.Kluckhohn menjelaskan berbagai elemen budaya, diantaranya:

Elemen bahasa

Bahasa adalah cara orang berkomunikasi. Bahasa juga dapat digunakan untuk mengadaptasi tradisi yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu bahasa lisan dan bahasa tulisan. Dan di Indonesia banyak sekali bahasa yang digunakan oleh masyarakat diantaranya bahasa jawa, bahasa sunda, bahasa batak dan lain sebagainya.

Sistem kepercayaan

Sistem kepercayaan digunakan oleh orang-orang sebagai pedoman dalam hidup mereka. Kepercayaan juga akan menghubungkan manusia dengan penciptanya dan hal-hal yang tampaknya mustahil diterima nalar sebagai bentuk mukjizat dan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa.

ilmu

Ilmu pengetahuan dibutuhkan dalam budaya untuk memuaskan keingintahuan manusia tentang sesuatu. Ada berbagai jenis ilmu dan memiliki peran masing-masing di bidangnya masing-masing. Dengan ilmu tersebut, kehidupan manusia dapat didukung dan dikembangkan dari masa ke masa.

Sistem teknologi

Teknologi adalah sistem alat dan perangkat yang dapat digunakan orang untuk menjalani hidup mereka. Seorang ahli bernama Koentjaraningrat membagi teknologi menjadi beberapa jenis, yaitu teknologi alat produksi, wadah, senjata, makanan, minuman, pakaian, perumahan, dan alat transportasi. Teknologi saat ini merupakan perkembangan teknologi terdahulu yang sifatnya sederhana.

Sistem sosial atau kekerabatan

Sistem kekerabatan begitu kaya akan unsur budaya. Sistem ini masih digunakan hingga saat ini oleh masyarakat untuk bersosialisasi dan membangun relasi. Negara yang masih menggunakan sistem kekerabatan adalah Amerika Latin, Afrika, dan Oseania.

Sistem ekonomi atau mata pencaharian

Secara umum, sistem ekonomi budaya Indonesia terdiri dari berburu dan meramu, peternakan, pertanian, perikanan dan irigasi atau sistem irigasi. Dan sekarang sistem ini telah melampaui pertanian atau pertanian dan berkomitmen padanya

 

Lihat Juga :

https://t.me/belajarngeblogbareng/41
https://t.me/belajarngeblogbareng/42
http://10109113.blog.unikom.ac.id/6-aplikasi-video.86q
http://blog.upnyk.ac.id/ellen-blog/417/artikel-12-aplikasi-edit-video-bokeh-terbaik-untuk-hp-android
http://blog.upnyk.ac.id/ellen-blog/418/artikel-pengertian-jaringan-epidermis
https://teknologi.id/question/social/apa-itu-aplikasi-bokeh
https://exposicionesmapfrearte.com/alight-motion-pro/
https://exposicionesmapfrearte.com/video-bokeh-museum/
https://jurnal.uns.ac.id/jmme/comment/view/25832/0/73248
https://jurnal.uns.ac.id/jmme/comment/view/25832/0/73249
http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/comment/view/3889/0/58289
https://www.bignewsnetwork.com/news/267953844/recommended-9-latest–best-bokeh-video-applications
https://www.bignewsnetwork.com/news/267953845/9-bokeh-video-applications-for-low-spec-smartphones
https://www.bignewsnetwork.com/news/267953846/how-to-edit-video-bokeh-with-vsdc
https://www.bignewsnetwork.com/news/267953845/9-bokeh-video-applications-for-low-spec-smartphones